Sunday, June 20, 2010

I Love You Bapak, More Than Ever You Know.

Ternyata hari ini adalah Hari Ayah, baru tau setelah orang2 ngtweet dari pagi. Awalnya jujur saja, gue ngga tergelitik bacanya, sampe akhirnya karena banyak orang yang bahas #tentangayah jadi ngebuat gue berpikir ulang, bagaimana dengan Ayah, Bapak gue.

Mungkin ada yang berpikir kenapa gue ngga tergelitik awalnya, itu karena diri gue pun bingung seberapa besar rasa sayang gue sama Bapak.

Bapak gue adalah Bapak yang baik, dulu! errr.... sekarang juga sih. Bapak umurnya sekarang udah 66 dan 2 hari lagi genap 67 tahun. Bapak udah kena stroke 4x, ya 4x, kasihan ya... Kalau kalian mau tau, Bapak gue adalah pekerja yang rajin, disiplin dan sangat jujur, gue tau itu dari mama, Bapak bukan orang yang bisa disogok dalam urusan kerjaan. Memang Bapak orang seperti itu, dan Bapak adalah orang yang sangat menjunjung tinggi arti persaudaraan. Bapak baik sama siapa aja, semua orang pasti kenal Bapak adalah orang yang jujur, rajin dan baik, hampir tanpa cela.

(mulai pengin nangis nulisnya).
Kekurangan Bapak adalah beliau tidak pernah shalat, bukan bermaksud membuka aib, tapi ingin bercerita biar jelas. Kami, anak2nya sudah sering sekali ngingetin, Bapak hanya diam. Yah itulah kekurangannya. Bapak pensiun tahun 1998, dan saat itu pula terkena stroke (waktu itu gue baru masuk SMP). Mungkin karena Bapak terbiasa kerja keras, setiap tugasnya selalu dikerjakan sungguh2, waktunya pensiun malah dikasih sakit, Bapak tidak bisa menerima. Mungkin Bapak kesel, ngga bisa apa2, dulu Bapak gagah sekali, ngga ada tanda2 sakit dan tua, sampai penyakit itu datang.
Bapak setiap hari berangsur2 nyebelin (menurut gue), sering marah2 gak sabaran, kita yang sehat pasti punya pikiran yang sama: please deh kalo sakit ngga usah ditambah ngeselin, itulah menurut gue, tapi gue tau harusnya gue ngerti, gue ngerti... Tapi setiap hari Bapak itu ngeselin gimana ngga kebawa emosi, pandangan gue yang tadinya bagus semua pun langsung berkurang sedikit demi sedikit.

Tapi gue sayang Bapak. Sesadar-sadarnya gue bersikap, selalu sayang beliau. Kalian ngga tau ya gimana rasanya ngeliat Bapak sendiri hampir meninggal, gue pernah ada diposisi itu. Jadi waktu itu ada kejadian yang ngga ngenakin yang akhirnya ngbuat Bapak gue keserang stroke lagi, gue ada disebelahnya yang lagi tiduran. Matanya udah merem-melek, pandangannya udah beda, nafasnya pendek2, dan gue nahan nangis ngeliatnya. Kalian tau Bapak bilang apa?? "Jangan Nangis!!" dan disaat itu pula gue malah jadi pengin nangis, sekuat2nya gue nangis susah banget. Alhamdulillah masa2 kritisnya terlewati. Kakak2 gue, aa sama teteh ada di Bandung, mereka kuliah disana, saat itu gue SMA. Ngga aneh gue dewasa sebelum waktunya kali ya, dari SMP & SMA semenjak Bapak pensiun kehidupan berubah drastis, ya cuma tau seneng aja ngga tau susah itu apa, kalau sekarang udah terbiasa :)

Kemarin Bapak ngomong gini, maksudnya ke teteh sih tapi ke gue juga: "kalian makanya punya pacar terus nikah, jangan terlalu pilih2"
Baaapppssss... Liat matanya aja gue tau, Bapak pengin liat kita nikah seperti tetangga2 gue yang lain, ada ketakutan di dalam matanya, entah hidup entah apa. Damn! Maaf belum bisa realisasiin itu. Bapak itu panutan gue banget dulu, yang ngajarin gue jadi lumayan idealis. Semua harus dengan usaha, sama semua orang harus baik, apalagi Saudara. Harus berani tanggung jawab sama apa yang kita perbuat, harus berani bilang: iya saya salah. Bapak ngga pernah ngurusin pendidikan kita, dia buktiin dengan perbuatan, melalui contoh2. Mama yang jadi konsultan kita mau ambil jurusan apa waktu kuliah. Yang Bapak tau dan Mama amini adalah, kita bebas bertanggung jawab. Kita jarang sekali di larang2, bukan berarti mereka ngga sayang, metoda mereka berbeda, alhamdulillah menurut gue cukup berhasil (walaupun anak2nya akhirnya pinter banget ngeles >> ngelawan, hhe...) kita ngga pinter, tapi kita ngga bodoh, dan kita ngga boleh dapet nilai jelek, kalaupun dapet nilai jelek, semester berikutnya harus tanggung jawab, itulah hebatnya Bapak sama Mama. Eiya pernah raport gue waktu SMA di lempar gara2 nilai gue turun drastis, hha saat itu gue asli takut banget, gak ngerti kenapa raport kelas 2 semester 1 jelek banget, alhamdulillah dengan tanggung jawab itu nilai gue balik lagi ke normal :)

Baps... Jangan marah2 ya, jangan sakit2, jangan jadi tambah sakit dan lemes kayak sekarang, ngga tega liatnya. Kita belum nikah, pengin banget Bapak bisa liat. We love You Bapak, more than ever you know. :)

5 comments:

  1. Ada haru saat membaca tulisan ini, tulisan tentang bapak. Memang sebagai anak, terkadang timbul perasaan jengkel saat harus memenuhi apa yang diinginkan bapak. Dengan mengingat apa yang pernah ia perjuangkan dulu, kita pun sadar kita harus tunjukkan bakti kita kepadanya.

    Semoga semua, kita-kita yang menjadi anak dapat membahagiakan kedua orang tua. Begitu pula anak cucu kita.. Amin.

    ReplyDelete
  2. love ur blog..semakin hari semakin nyaman untuk dibaca dalam arti "dalam"
    for my father..ingin sekali mencintai bapak tapi semua hanya saja susaaaah sekali..hmmm..

    ReplyDelete
  3. @elafiq: bener el, amin :)

    @anonymous: may i know who you are? Guessing for someone... Makasih suka blog ini :)

    ReplyDelete
  4. aku seseorang yg misterius..seriously..i like ur blog =D

    ReplyDelete
  5. Hmmm bikin penasaran. Yasudahlah yang penting suka blog ini, kalo jadi pembaca setia akunya bangga banget :)

    ReplyDelete