Friday, October 08, 2010

Karimun Jawa Yang Eksotis

Melepaskan diri sejenak dari rutinitas yang ada, menghabiskan weekend bersama teman-teman baru dalam suasana baru, membaur dengan kebersamaan, menyatu dengan alam, mencoba setiap tantangan, menjadikan setiap langkah kaki sebagai sarana untuk menyegarkan pikiran, tak ada salahnya dicoba.

Berapa hari sebelumnya, saya melakukan perjalanan jauh ala (semi) backpacker ke luar Jawa Barat untuk pertama kalinya, tepatnya ke Karimun Jawa – Jepara. Mungkin tempat ini belum banyak yang tahu, begitupun dengan saya awalnya, sampai akhirnya saya diberi kesempatan dan mempunyai waktu liburan kesana. Berikut saya saya membagi informasi tentang tempat ini, beberapa saya kutip dari mbah Google :D

Karimunjawa

Karimun berasal dari bahasa Jawa yaitu kremun yang artinya kabur atau samar-samar. Diberi nama tersebut karena kepulauan ini terlihat samar-samar dari Pulau Jawa yang disebabkan letaknya yang cukup jauh dari Pulau Jawa. Untuk mencapai Karimunjawa memakan waktu sekitar 4 sampai 6 jam dari daratan Pulau Jawa dengan menggunakan Kapal Motor Cepat dari Semarang atau Jepara. Rasanya, cocok dengan namanya, karena memang memakan waktu yang cukup lama untuk tiba di pulau ini.

Kepulauan Karimunjawa menjadi surga dari para penyelam (diver). Anda dapat melakukan berbagai kegiatan di dalam jernihnya air. Berenang, menyelam (diving), atau snorkeling akan terasa menyenangkan.
Keindahan terumbu karang serta ikan berwarna-warni di dalam laut akan menjadi daya tarik untuk bermain-main di dalam air. Air laut di Karimunjawa sangat jernih dan bening, sehingga Anda bisa melihat dasar laut dengan jelas. Bagi Anda yang hobi memancing, Anda juga bisa melakukannya di beberapa pulau di Karimunjawa.

Untuk mengunjungi pulau-pulau yang ada di Karimunjawa, Anda bisa menggunakan perahu nelayan. Waktu yang diperlukan tidak terlalu lama untuk mengunjungi beberapa pulau sekaligus karena letaknya yang tidak berjauhan. Ada pula perahu yang dilengkapi dengan kaca pada bagian bawah perahu (glass bottom boat) yang cocok bagi Anda yang tidak ingin menyelam tetapi ingin tetap dapat melihat terumbu karang atau ikan-ikan di dalam air laut.

Kepulauan Karimunjawa
Karimunjawa sejak tahun 2001 memiliki nama resmi Taman Nasional Karimunjawa. Taman Nasional Karimunjawa terdiri atas gugusan 27 buah pulau kecil dengan 5 buah pulau yang sudah berpenduduk di kepulauan ini.

Pulau yang sudah berpenduduk yaitu Pulau Genting, Pulau Kemujan, Pulau Karimunjawa, Pulau Nyamuk, dan Pulau Parang. Sebagian besar pulau di sana memiliki pantai dengan pasir putih.
Pulau-pulau yang menjadi favorit untuk dikunjungi para turis karena keindahan alamnya antara lain Pulau Menjangan Besar, Menjangan Kecil, Cemara Kecil, dan Tanjung Gelam. Ayo kita kunjungi pulau-pulau tersebut satu per satu!
     
·    Pulau Menjangan Besar
Di Pulau Menjangan Besar terdapat penangkaran ikan hiu. Anda dapat menguji keberanian dengan masuk ke kolam penangkaran mereka dan berenang bersama ikan-ikan hiu ini. Tidak perlu takut, karena hiu di sini cukup jinak dan bersahabat dengan manusia.

·    Pulau Menjangan Kecil
Pulau Menjangan Kecil pantas dikunjungi karena di perairan sekitar pulau ini terdapat banyak ikan kecil berwarna-warni yang cantik. Pulau ini memiliki pantai dan dasar laut yang indah dengan air yang jernih. Pulau ini cocok bagi Anda yang ingin mencoba snorkeling.

·    Pulau Cemara Kecil dan Pulau Cemara Besar
Pada kedua pulau ini terdapat banyak pohon cemara yang mungkin menjadi dasar nama kedua pulau ini. Hal unik lainnya adalah adanya daratan pantai dengan pasir putihnya yang menjorok ke laut.
·    Pulau Tanjung Gelam
Pulau Tanjung Gelam merupakan pulau yang indah dengan hamparan pasir putih dan air laut yang berwarna hijau kebiruan.

Transportasi ke Karimunjawa

Untuk menuju Karimunjawa, Anda dapat menggunakan beberapa alternatif pilihan berikut ini:

·    Kapal Cepat dari Semarang
Dari Semarang, Anda dapat pergi ke Karimunjawa melalui Pelabuhan Tanjung Emas dengan menggunakan kapal cepat. Perjalanan dari Semarang ke Karimunjawa sekitar 4 jam hingga 6 jam jika cuaca buruk.

·    Kapal dari Jepara
Jika Anda memilih pergi ke Karimunjawa dari Jepara, Anda dapat melalui Pelabuhan Kartini. Anda bisa memilih menggunakan kapal cepat, atau juga menggunakan kapal yang lambat dan murah dari Jepara. Perjalanan dari Jepara ke Karimunjawa sekitar 2,5 hingga 3 jam.
Menikmati keindahan pulau ini dan merasakan ketenangannya akan menjadi pengalaman yang menyenangkan. Dianjurkan untuk mengunjungi pulau ini pada bulan Maret sampai Oktober, pada saat itu cuaca sedang bersahabat sehingga Anda dapat leluasa menjelajah dan menikmati kepulauan Karimunjawa. Nikmati pesona keindahan alam di Karimunjawa.

-- O O - -

Itulah pengenalan mengenai Karimun Jawa, yang bisa saya infokan adalah mengenai prakiraan biaya yang akan kamu keluarkan bila berkunjung kesana. Karena saya ikut paket tour ala backpackernya Explore karimun Jawa: http://www.facebook.com/explore.karimunjawa#!/explore.karimunjawa saya pilih fasilitas Homestay seharga Rp. 550.000,- untuk 4 hari 3 malam. Ada juga paket backpacker seharga Rp. 475.000,- saya sarankan lebih baik memilih fasilitas Homestay Karen tempat tidur nyaman hanya untuk berdua sampai tiga orang tidak bejubelan dengan yang lain. Paket tour Eksplore Karimunjawa ini mulai dihitung dari Jepara, jadi bagi kita warga Pupuk Kujang harus mengeluarkan ongkos transportasi untuk ke Jepara. Berikut Rinciannya:

Bis Keramat Jati Bandung – Semarang    : Rp  180.000,- (Pulang-Pergi)

Bis Semarang – Jepara            : Rp.   10.000,- (Pulang-Pergi)

Makan di Pelabuhan Jepara (±)        : Rp.   20.000,- (Pulang-Pergi)

Paket Tour    : Rp. 550.000,- (all in makan, penginapan, alat snorkeling, dll)

Total      Rp. 760.000,-

Untuk biaya lain-lain seperti oleh-oleh dan jajan pribadi yang biasanya dilakukan di Karimun Jawa tidak akan menghabiskan biaya yang mahal, makanan disana murah meriah dan kebetulan untuk oleh-oleh Karimun Jawa tidak terlalu beragam, yang terkenal hanya Kayu Dewan Daru, jadi kalau ada yang minta bawa oleh-oleh sila bawa Pasir Pantai Putih Karimun Jawa saja bila kamu bingung (ini benar tidak banyak pilihan). Jadi kalau saya simpulkan untuk biaya ke Karimun Jawa ditambah oleh-oleh bias membawa uang Rp. 1.000.000,- cukup. FYI: Pulau paling indah menurut saya adalah Pulau Cemara besar, Subhanallah!!! AMI  :)
Ini dia Link Foto-fotonya:



5 comments:

  1. Jadi pengen berjelajah ni...
    bikin iri aja yyaanngg....
    *lempar bantal*

    eh.. Semarang - Jepara 10rbu PP mana bisa? :P

    ReplyDelete
  2. Aayyyoooo... Aku juga ketagihan, kemaren jalan2nya bukan Karimun aja, Jogja + Semarang juga, sempet susah nyari penginepan ala ransel mentok istirahat dulu di Baiturahman, Pandanaran kamu kan yyaanngg??? :D

    Bisa dong, soalnya naik bis dari Bdgnya sekalian cuma tambah 5rb :p

    ReplyDelete
  3. Iya aku pandanaran, padahal kan deket sama Baiturrahman.
    Gk kasih kabar...

    tak kumaafkan dirimu...
    *dialog drama*

    ReplyDelete
  4. dulu saya taunya karimun itu merk mobil (yg skrg sudah tidak eksis lg) lama-lama tau juga itu nama pulau hehe..nice info mi.. jd ingin liburan ke sana suatu saat nanti..

    ReplyDelete
  5. @ el: aku udah DM atau mention kamu ya??? Mau tanya penginepan ala ransel susah banget, sampe terkatung2 beneran kaya anak backpackeran sejati di Baiturrahman T_T

    @ Imam: Ayoo Mam, tapi perjalanan kayak kemaren bikin nagih, dapet temen2 baru yang menyenangkan itu plusnya :)

    ReplyDelete