Saturday, October 23, 2010

Koneksi Siapa?

Baru saja tadi teman di twitter bilang kalau dia gemes sama orang yang mengajukan pertanyaan seperti di atas. Siapa sih yang gak sebel??? Menurut saya orang yang bertanya hal seperti itu adalah orang yang sok tau dan mau tau urusan orang lain, alias SOTOY dan KEPO kalau bahasa jaman sekarang. Kalian tau betapa gak sopannya kalimat tersebut, negatif banget sih punya pikiran, secara gak langsung itu sudah mewakili kepribadian si Penanya loh, berarti dia suka ngelakuin koneksi ya??? Kenapa gak buat pertanyaan yang lebih masuk di akal, positif thinking, kamu bisa kan buat pertanyaan lain: susah gak masuk kesana? Syaratnya apa aja? Saingannya seperti apa? Atau kamu bisa buat statement aja: wah alahamdulillah ya, rezekinya disana. Jangan lupa kasih selamat.

Kenapa saya sebut pertanyaan itu gak sopan? Coba ditelaah lagi, sebagai orang yang (katanya) berpendidikan kok berani-beraninya bertanya seperti itu, wajar dong orang masuk suatu perusahaan, kalaupun secara kasat mata kamu berpikir kayaknya dia gak mungkin bisa masuk, siapa tau kan perusahaan tersebut memang membutuhkan tenaga kerja. FYI yang namanya ilmu yang di dapat di bangku sekolah itu hanya sepersekian persen yang dipakai, lainnya adalah kemampuan daya tangkap kamu untuk bekerja dan mau berusaha. Gak sopan karena kamu gak menghargai usaha orang lain, orang yang punya niat bisa masuk, berusaha dalam setiap test terus kamu jatuhin begitu aja dengan pertanyaan bodoh: ADA KONEKSI?? Haalloowww.... Sadar lah pertanyaan itu cuma pantas diajukan buat orang yang punya pikiran dangkal yang gak percaya akan kemampuannya sendiri. Segala sesuatu dengan niat, doa dan usaha bakal kecapai kalau kamu mau, kalau belum berhasil jangan patah semangat, dan jangan jadi underestimate sama orang2 yang bisa masuk di dalamnya, takdir itu sudah ada yang mengatur bukan? :) Bagi yang ditanya, boleh pasang muka isyarat: HALLO, Loe Hidup Dimana Sih??? Kalem aja alias santai, biar disibuk menerka-nerka, biar aja dia sibuk dengan iri hati dan sibuk bergunjing, yang penting Man Jadda Wa Jada dan Man Shabara Zafira ;)

2 comments:

  1. Mungkin maksud sipenanya bukannya gk sopan...
    mungkin lho ya... apa emang pembawaannya yang suka ngomong ceplas-ceplos, atau malah dia penasaran pengen kenal sama si konektor itu... :D

    ReplyDelete
  2. Hei Eelllllll..... Tetep aja orang yang nanya pertanyaan ini gak sopan... Ceplas ceplos dan bikin yg ditanya jadi kikuk sendiri??? Coba ada di posisi ini sekali2 :)

    ReplyDelete