Monday, July 12, 2010

Cerita Saya Hari Ini #1

Mulai hari ini blog saya bakal diselingi cerita-penting-gak-penting yang bisa kalian baca, ini masih sesuai tema blog ngopi2kueserabi lho :)

Sebenernya pengin banget nerusin Logam (part 2), tapi sayang banget idenya berlarian, maaf ya yang udah pengin baca lanjutannya, baru sempet nulis sedikit dan ngerasa belum klik, sayang kalau maksa buat di publish...
Kemaren mendadak punya ide buat nulis tentang sejarah, bukan menulis sih, lebih tepatnya menyadur, mengumpulkan beberapa artikel dan kul-twit yang biasa muncul di timeline twitter aku. Kalau ada yang memfollow Pak Goenawan Muhamad atau @gm_gm pasti kalian tau dari kemarin beliau membahas mengenai Voltaire dengan hashtag #volt. Waktu beliau pertama kali mempunyai ide memberikan materi kul-twitnya tentang Voltaire, dalam benak saya langsung bertanya, siapa dia??? Nampak asing namun namanya pernah tau, sangat lupa tidak ada clue sama sekali. Karena pastinya menarik, saya jawab dulu: Baik Pak Dosen... :)
Karena memang kemarin siang tidak ada kerjaan, setelah itu saya langsung googling untuk Voltaire, wow ternyata dia merupakan orang yang berpengaruh di Perancis, bukan orang berpengaruh dalam arti biasanya para Pejabat-pejabat atau yang mempunyai kekuasaan, tapi Voltaire ini berpengaruh untuk pembebasan rakyat untuk bersuara. Dengan karya2 tulisan dan pemikirannya Voltaire merupakan "musuh" para Penguasa Perancis saat itu.

Hmmm sebenarnya bahasan mengenai Voltaire lebih lanjut bakal ada dalam Cerita tersendiri nanti ya. Maksud saya menceritakan ini adalah betapa bodohnya saya merasa sekarang (ya sekali lagi bodoh), saya lebih familiar dengan nama Montesqeu, pun bukan berati saya ingat cerita mengenai tokoh ini, tidak. Dulu saya sama sekali tidak menyukai pelajaran Sejarah, sama sekali membosankan. Dipikiran saya belajar Sejarah kuno, bikin mengantuk seisi kelas, sugesti negatif berlebihan menjalar sampai SMA. Seiring berjalannya waktu dan seiring saya menyukai bacaan2 yang bukan-sekedar-novel, bacaan2 mengenai tokoh2 jaman Sejarah itu ternyata menarik, membawa semangat saat membacanya, memberi sedikitnya inspirasi. Kalau saja dulu saya menyukai pelajaran ini, mungkin hari ini banyak sekali tokoh-tokoh yang saya tau, bukan hanya dari luar Indonesia, tapi Tokoh2 dari negeri sendiri. Iri rasanya lihat orang yang pintar bukan karena dia memang pintar dalam hitungan, tapi saya lebih iri sama orang yang pengetahuannya luas, seakan ngga ada habisnya, pasti semuanya melalui proses, yang selalu membuat saya bertanya mereka dapet buku2 bagus itu darimana. Hha bodoh juga sih, selain browsing, kalau jaman dulu kan silaturahmi masih erat banget, dari ngobrol2 pun bisa, tetep aja kepikiran :D
Buku non-novel pertama yang saya baca adalah Buku mengenai perjalanan Ibu Inggit Ganarsih selama mendampingi Bung Karno, yang udah baca pasti "ngeh" banget sama pengabdiannya mendampingi Bapak, wanita sebelum ibu Negara yang resmi, Ibu Fatmawati.

Besok-besok saya ingin mengajak pembaca saya ini untuk ikut mengenal beberapa tokoh, jadi jangan heran kalau isi blog saya ini isinya campur-campur, dari masalah cinta, politik, puisi, cerpen, sampe mengenai Tokoh. Jangan bosen-bosen ya, dan semoga setiap apa yang saya tulis itu bermanfaat, karena walaupun tulisan saya ini penting-gak-penting selalu ada nilai yang bisa kalian ambil sebagai pelajaran :)

Untuk Logam (Part 2) ada yang mau sumbang saran atau ide?? Butuh masukan soalnya ngerasa gak klik, gak nemu jalan cerita yang bikin geregetan, alur biasanya udah ada, boleh email ke: laksmi.unj@gmail.com tapi kalo ga dipublish gak apa2 ya, sebagai bahan masukan aja, nanti nama kalian saya catat diakhir cerita :)

No comments:

Post a Comment