Monday, August 15, 2011

Resep Lasagna



Hei... Ini pertama kalinya aku buat postingan tentang resep masakan, pada percaya gak ya kalo aku yang ngasih resepnya?? Paling kalau nggak keracunan paling masakannya gak enak, hihihiii tenang-tenang resep ini didapet dari temen yang rajin browsing dan bereksperimen kok, dan resep lasagna ini udah aku praktekin, ya so far orang rumah dan satu saudara yang pernah ngerasain suka :p Aku pake resep yang praktis, tinggal comot-comot dan sedikit ngulek, jadi jangan ngebayangin kita harus buat saus isian lasagnanya sendiri. No noo... Resep ini untuk sekitar, errrr 1 pirek ukuran besar yang persegi panjang itu ya... (semoga kalian bisa ngebayangin wadahnya) jadi sekitar 8-10 orang tergantung kalian motongin ukuran ke piringnya.

Bahan:

400  gr daging (tanpa lemak)
8 lembar kulit lasagna
1 bks pasta saus spaghetti la fonte
1 bks mozarella Finello / Kraft quick melt
2 bh susu ultra putih ukuran kecil
Terigu (secukupnya)
1 buah bawang bombay
Pala halus
Merica halus
Mentega

Cara Buat:

1. Cuci daging sampai bersih, cincang daging menggunakan blender, sengaja gak langsung beli daging cincang biar gak terlalu lembut. (jangan langsung di blender semua biar merata, bagi menjadi 2 bagian)
2. Rebus kulit lasagna dalam air mendidih panci ukuran sedang (dikira-kira lah ya besarnya cukup atau ngga), sekali rebus 3 atau 4 lembar, jangan lupa tuang minyak goreng ke dalam air rebusan biar gak lengket, tambah garam sedikit.

Saus lapisan merah (daging):

1. Iris tipis-tipis bawang bombay, lalu tumis sampai harum dan layu menguning
2. Masukan daging cincang yang tadi di blender, tumis sampai berwarna kecoklatan, tambahkan saus botol pedas secukupnya
3. Masukan pasta saus ke dalam tumisan daging, aduk sampai rata, tambahkan terigu secukupnya untuk membuat sausnya menjadi kental. (masukan: aduk terigu di tambahkan saus pasta yg msih encer di pisin, baru masukan ke dalam wajan saus, buat sampai kekentalannya di rasa pas)

Saus lapisan putih (susu):

1. Tumis margarin dan terigu. Masukan susu cair ke dalam wajan, panaskan, masukan terigu lagi sedikit agar mengental adonannya (caranya sama seperti saus lapisan merah)
2. Parut keju cheddar secukupnya, masukan bumbu pala halus, merica halus, dan sedikit garam secukupnya. (tolong dikira-kira, jadi sedikit-sedikit masukinnya, liat banyaknya adonan).

Setelah bumbu saus lapisan merah dan putih selesai, siap untuk memanggang, caranya:

Lapisan awal kulit lasagna, lapisan daging, sus putih, parutan mozarela
ulang: kulit lasagna, lapisan daging, saus putih, parutan mozarela
kulit lasagna, saus putih lalu panggang selama 20 menit, angkat, tambahkan mozarela yang banyak terus panaskan kembali sampai mozarelanya cair.










No comments:

Post a Comment